Form WhatsApp

MKKS SMP KABUPATEN MAGELANG GELAR WEBINAR AKM

shape image

MKKS SMP KABUPATEN MAGELANG GELAR WEBINAR AKM

 

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Magelang menggelar Webinar tentang Asasemen Kompetensi Minimal (AKM) Kamis (21/1) ini. Agenda yang direncanakan dilaksanakan dalam dua sesi itu diikuti oleh semua guru SMP di Kabupaten Magelang, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kebupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin, M.Pd.


Pada saat pembukaan acara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan pesannya agar guru terus meningkatkan komitmen pembelajaran meskipun pada masa pandemi. “Saya berharap webinar ini menjadi salah satu wahana untuk kita meningkatkan kompetensi agar dapat melaksanakan dan melakukan penilaian pembelajaran dengan kreatif.” Beliau menambahkan bahwa AKM adakah bentuk assasemen baru yang harus diikuti oleh siswa dengan modal literasi yang baik. “Kemampuan literasi siswa menjadi sebuah keniscayaan,” tegasnya.

Webinar dengan narasumber Dr. Safari, M.A., P.U. itu mengulas tuntas tentang AKM: meteri, bentuk soal, tipe-tipe soal, dan mekanisme manjawab dan menilainya. “Ini adalah langkah baru yang harus dikembangkan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional,” kata narasumber dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud itu.

Ketua MKKS, Cipto Jati Kusumo berharap banyak dari webinar ini. “Ini infomasi awal tentang AKM yang sangat kita harapkan,” katanya. Beliau memprogramkan akan guru-guru nantinya memiliki kompetensi mengembangkan penilaian model AKM. “Ya, kita harus bisa berkreasi dan berinovasi menyikapi program baru dari Kemendikbud ini,” katanya. *** zs


Rekaman AKM Numerasi


Rekaman AKM Literasi


Posting Komentar

© Copyright 2021 Si Dikdaya

Form WhatsApp

Pastikan Aplikasi WhatsApp Terinstal

Kirim Sekarang